Penguatan Ekonomi Masyarakat, Warga Desa Sundoluhur Dibekali Pelatihan Online Shop

Pemasaran digital melalui online shop atau marketplace menjadi bagian tak terpisahkan dalam mengembangkan usaha dan potensi desa. Dengan pemasaran digital, jangkauan pasar akan lebih luas tidak terbatas pada satu wilayah tertentu. Sarana-prasarana yang dipakai pun saat ini semakin mudah yaitu dengan menggunakan perangkat gawai yang tersambung internet. Daripada membangun toko atau ruko secara tradisional yang bisa menghabiskan biaya mahal, toko online (online shop) jauh lebih murah dan lebih efektif. Demikian beberapa poin pelatihan yang diberikan kepada masyarakat desa Sundoluhur Kecamatan Kayen Pati, Selasa (6/9/2022).

Siswanto, Kepala Desa Sundoluhur dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan pelatihan ini karena dunia usaha dan bisnis saat ini memang membutuhkan langkah pemasaran secara digital. Dengan memanfaatkan teknologi digital produk-produk dapat dipasarkan lebih luas, bahkan tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional.

Isyrokh Fuaidi sebagai pemateri menyampaikan bahwa pemasaran produk secara online dapat memanfaatkan berbagai sarana teknologi digital sesuai kemampuan dan kebiasaan orang. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, youtube, marketplace, website atau rumah online, dan menjadikan toko atau produk mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google. Produk yang harus divisualkan dengan baik yaitu gambar yang jelas dan menarik, sekaligus dibuat deskripsi yang jelas agar konsumen percaya dan tertarik untuk membeli.

Kegiatan pelatihan ini diinisiasi oleh para mahasiswa KKN IPMAFA Pati Kelompok Nawasena bersama Pemerintah Desa Sundoluhur. Masyarakat yang hadir meliputi para pelaku usaha desa Sundoluhur dan anggota Ibu-Ibu PKK. Program pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan KKN Ipmafa terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sundoluhur termasuk desa yang memiliki potensi ekonomi untuk dipasarkan lebih luas seperti produk kasur, kapuk, rengginang dan konveksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *