KKN IPMAFA Mendapat Apresiasi Tinggi di Kecamatan Keling Jepara

Pelatihan tatakelola website di desa Klepu dan Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara menjadi bagian dari sejumlah kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN IPMAFA (20/8/2023). Hal ini pun disambut baik oleh pemerintah desa dengan mengundang sejumlah admin dan perangkat desa dalam acara.

Kepala Desa Klepu Sutoyo SPd dalam sambutannya sangat mengapresiasi kehadiran mahasiswa IPMAFA dalam melaksanakan kegiatan KKN. Menurutnya KKN IPMAFA dipandang berbeda dari kegiatan KKN yang selama ini ditemui di desa Klepu. Program KKN IPMAFA dalam membuat program disesuaikan dengan kebutuhan desa khususnya dalam hal pemasaran digital dan dunia online.

Begitu pula Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Keling Lulut Andi Ariyanto dalam tanggapannya juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada KKN IPMAFA. Program yang dilaksanakan mahasiswa IPMAFA tidak sembarangan karena dari awal kegiatan dilakukan secara serius. Hal itu terbukti dari kegiatan observasi yang dilakukan menjelang penerjunan lapangan. Informasi desa dan kondisi sosial politik yang terjadi di desa dapat dikuasai para mahasiswa sehingga mereka dapat mengatur langkah yang tepat sekaligus menjalin koordinasi dengan semua pihak. Komunikasi yang dibangun oleh mahasiswa KKN IPMAFA dengan masyarakat setempat dibangun sangat baik sehingga kegiatan-kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Senada dengan Kepala Desa Klepu, Sekcam Keling mengkonfirmasi bahwa KKN IPMAFA sangat berbeda dari KKN yang selama ini dilakukan di Kecamatan Keling Jepara dimana program-programnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tampak rangkaian program KKN IPMAFA dibuat dengan serius dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan desa.

Dalam kesempatan itu pula, Sekcam Keling menyampaikan harapannya bahwa KKN IPMAFA diharapkan dapat memberikan peninggalan atau kenang-kenangan yang dibutuhkan oleh Kecamatan dan desa sekecamatan Keling yaitu sebuah sistem database yang memuat informasi desa se Kecamatan Keling Jepara. Dengan begitu perkembangan dan informasi semua desa di bawah Kecamatan Keling dapat terpantau dengan mudah. Dengan database semacam itu, program-program yang akan dijalankan dapat sesuai kebutuhan desa sekaligus tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *