Pengurus BUMDES Keling Jepara Bersama Mahasiswa KKN IPMAFA Gelar Pelatihan Tatakelola BUMDES

Mahasiswa IPMAFA Pati yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara belum lama ini menggelar pelatihan BUMDES bersama para pengurus BUMDES desa Keling, Selasa (15/8/2023). Program terkait Bumdes ini menjadi salah program utama mahasiswa KKN IPMAFA yang dalam pelaksanaannya mencakup lima yaitu ekonomi, sosial, agama, lingkungan dan kesehatan.
Hadir sebagai pemateri, pegiat ekonomi desa yang juga dosen IPMAFA, Isyrokh Fuaidi dengan memaparkan hal-hal penting terkait pengelolaan lembaga dan SDM Bumdes. Bumdes dimanapun berada memiliki potensi masing-masing yang harus dimaksimalkan khususnya dalam membangun usaha yang memberi manfaat kepada masyarakat. Bumdes merupakan pemain utama dalam membangun kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Tetapi Bumdes tidak akan dapat berjalan sendirian, melainkan harus ada dukungan dan kerjasama dari semua pihak.

SDM yang mengelola Bumdes harus dibekali dengan skill-skill yang sesuai perkembangan zaman baik yang sifatnya administratif atau berkaitan dengan usaha yang dikembangkan Bumdes. Kemudian terkait keuangan, Isyrokh menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan hal yang sensitif sehingga mengharuskan tatakelola yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Tatakelola keuangan dapat dilakukan dengan cara yang modern seperti menggunakan aplikasi keuangan atau software sehingga kegiatan keuangan dapat berjalan dengan efektif dan efisien, sekaligus otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *